Minggu, 01 Agustus 2010

Kualitas Pekerjaan Jalan Periode 2009 Buruk

Kota Bekasi, HaBe-Seiring berjalannya roda pembangunan daerah di Kota Bekasi, pelaksanaan kegiatan fisik telah mulai berjalan.

Baik pembangunan atau perbaikan gedung, jalan maupun saluran (drainase). Khususnya Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi periode tahun anggaran 2010 ini menggelar kegiatan fisik ratusan proyek.

Namun disayangkan, kualitas pekerjaan perbaikan atau rehab jalan banyak yang kurang berkwalitas. Berdasarkan pemantauan, ada beberapa wilayah yang tersentuh pembangunan 2009 lalu tidak baik kwalitanya. Karena dalam pelaksanaannya nampak kurang professional bahkan ada juga yang pelaksananya terkesan nakal.

Seperti dalam teknis pelaksanaan riggid beton, untuk pembesiannya tidak sesuai dengan bestek yang telah ditentukan oleh dinas. Termasuk ketebalan beton banyak tidak sesuai, di tambah lagi dengan pemadatan ruas jalan yang diperbaiki tidak maksimal sesuai dengan aturan.

Salah satu bukti hasil pekerjaan 2009 lalu yang tidak berkwalitas di wilayah Kecamatan Jatiasih dan Pondok Gede. Beton yang telah di gelar tersebut bukan hanya timbul keretakan melainkan terjadi patahan.

Bahkan ada yang diantaranya yang beru di gelar dan belum digunakan sudah rusak parah. Hasil investigasi di lapangan beton yang rusak parah tersebut ketebalannya jauh di bawah standar ketentuan yang berlaku di Dinas Bimarta.

Ironisnya, pelaksana yang mengerjakan ruas jalan tersebut tidak melakukan perbaikan ulang atau memperbaiki pekerjaannya yang rusak. Yang ada hanya janji-janji palsu diberikan kepada masyarakat. Hingga berganti tahun ruas jalan yang rusak tersebut tidak juga diperbaiki. Di duga oknum dari Dinas Bimarta yang terlibat lepas tangung jawab.

Menurut warga yang tinggal di sekitar ruas jalan tersebut mengatakan bahwa pelaksananya nakal dan bandel. Padahal warga pada saat pelaksanaan tersebut sangat mendukung pembangunan. Dan terkesan pelaksana dan mandor lapangan cara kerjanya dinilai asal-asalan. (Prie/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar